Latest News

Penyakit Cacar Air atau Varicella

Apa itu Cacar Air?
Varisela atau cacar air merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster dengan gejala-gejala demam dan timbul bintik-bintik merah yang kemudian mengandung cairan.

Penyebab penyakit Cacar Air dan penularannya.
Penyakit Cacar Air atau VaricellaPenyakit Cacar Air disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Virus Varicella Zoster ini berpindah dari satu orang ke orang lain melalui percikan ludah yang berasal dari batuk atau bersin penderita dan diterbangkan melalui udara atau kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi. Virus ini masuk ke tubuh manusia melalui paru-paru dan tersebar kebagian tubuh melalui kelenjar getah bening. Setelah melewati periode 14 hari virus ini akan menyebar dengan pesatnya ke jaringan kulit. Memang sebaiknya penyakit ini dialami pada masa kanak-kanak.Cacar Air pada umumnya menyerang anak-anak ; dinegara-negara  bermusin empat, 90% kasus varisela terjadi sebelum usia 15 tahun. Pada anak-anak umumnya penyakit ini menimbulkan gejala tidak begitu berat. Namun di negara-negara tropis, seperti di Indonesia, lebih banyak remaja dan orang dewasa yang terserang Cacar Air. Lima puluh persen kasus varisela terjadi di atas usia 15 tahun. Dengan demikian semakin bertambahnya usia pada remaja dan dewasa, gejala varisela semakin bertambah berat.

Gejala dari penyakit Cacar Air
1.      Masa tunas penyakit berkisar antara 8-12 hari.
Didahului stadium prodromal yang ditandai :
a.       Demam
b.      Malaise
c.       Sakit kepala
d.      Anoreksia
e.       Sakit punggung
f.       Batuk kering
2.      Stadium erupsi yang ditandai dengan terbentuknya kantung-kantung kecil yang berair, seperti tetesan embun (teardrops). Kemudian kantung-kantung kecil tersebut akan berubah menjadi pustula atau gelembung-gelembung kecil yang berisi nanah yang berukuran kurang lebih 0,5 cm.
3.      Pada stadium lanjutan ini penyebaran pustula di daerah badan menyebar secara satrifugal ke muka dan ekstremitas.

Pengobatan Cacar Air
1.        Nyeri diberikan analgetik
2.        Terdapat infeksi sekunder diberikan antibiotic
3.        Defisiensi imunitas diberikan antiviral/imunostrimulator.
4.        Sejak lesi muncul dalam 3 hari pertama diberikan asiklovir.
5.        Untuk mencegah fibrosis ganglion diberikan kortikosteroid.
6.        Pengobatan tropical tergantung dengan keparahan yang ditimbulkan dikulit misalnya diberikan bedak untuk mencegah pecahnya vesikel agar tidak terjadi infekel sekunder.

Pencegahan penyakit Cacar Air
1.      Hindari kontak dengan penderita.
2.      Tingkatkan daya tahan tubuh.
3.      Imunoglobulin Varicella Zoster

Dapat mencegah (atau setidaknya meringankan) terjadinya cacar air. Bila diberikan dalam waktu maksimal 96 jam sesudah terpapar. Dianjurkan pula bagi bayi baru lahir yang ibunya menderita cacar air beberapa saat sebelum atau sesudah melahirkan.

0 Response to "Penyakit Cacar Air atau Varicella"