Latest News

Penyakit Jantung Koroner

Apakah Penyakit Jantung Koroner itu ?
Penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyakit dengan penyempitan, penyumbatan atau kelainan pembuluh nadi koroner. Penyempitan atau penyumbutan ini dapat menghentikan aliran darah ke otot jantung yang sering ditandai dengan rasa nyeri.
Penyakit Jantung KoronerPenyakit jantung koroner dapat dipengaruhi oleh tingginya kadar kolesterol, hal ini dipengaruhi oleh aktivitas fisik dan makanan yang menjadi faktor penting penentu kadar kolesterol individu. Gaya hidup masyarakat kerja, dewasa ini lebih cenderung mengejar hal-hal yang bersifat praktis, termasuk di dalamnya jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan cepat saji (fast food) atau yang juga dikenal sebagai makanan sampah (junk food) menjadi pilihan bagi individu yang mengutamakan kecepatan pelayanan karena waktu menjadi sangat berharga di dunia kerja. Namun di sisi lain, makanan ini sebenarnya tidak memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Justru Junk food  banyak mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh berbahaya karena dapat menjadi biang kegemukan dan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.
Aktivitas fisik yang sedikit dan makanan cepat saji menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dewasa ini. Hal ini disebabkan oleh beratnya tuntutan pekerjaan sehingga tidak ada kesempatan untuk berolah raga dan merujuk kepada perilaku hidup yang instan, misalnya makanan. Gaya hidup yang demikian akan menyebabkan terjadinya penumpukan karbohidrat dan kolesterol di dalam tubuh, yang kemudian dapat menyebabkan dislipidemia yang merupakan faktor risiko terjadinya PJK.
Penyebab Penyakit jantung Koroner
Penyebab dari Penyakit Jantung koroner adalah adanya penyempitan pada pembuluh darah koroner akibat adanya tumpukan lemak didalam pembuluh darah koroner.
Faktor-faktor resiko terjadinya penyakit jantung koroner dapat dibagi menjadi dua yaitu:
1. Faktor yang tidak dapat di ubah
2. Faktor yang dapat diubah

Faktor – faktor yang tidak dapat diubah
a.         Jenis Kelamin dan usia: Resiko terserang PJK meningkat siring dengan pertambahan usia. Dan dari kasus yang terjadi lebih banyak laki-laki yang terkena PJK dibandingkan wanita. Jarang dijumpai wanita yang belum monopause yang terkena PJK.
b.        Riwayat Keluarga: Jika ada riwayat keluarga yang terkena PJK maka kemungkinan besar seseorang tersebut beresiko terkena PJK hal ini bergantung  pada gen yang diwarisi dari orang tua yang membuat kita mudah terkena  kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi atau diabetes. Selain itu kesamaan gaya hidup keluarga juga menentukan, misalnya makan makanan yang sama dan jika orang tua merokok, anak biasanya juga merokok. Jika keluarga Anda cenderung terkena penyakit jantung, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan bahwa Anda tidak mengidap kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi, atau gangguan kesehatan lain yang harus segera diobati untuk  menghindari risiko tinggi.

Faktor – faktor yang dapat di ubah
a.       Merokok
b.      Kolesterol tinggi
c.       Diabetes
d.      Tekanan darah tinggi
e.       Kegemukan
f.       Stress
g.      Kurang berolah raga

Gejala Penyakit Jantung Koroner
1. Nyeri dada
2. Debar jantung yang kuat
3. Sakit pada otot-otot punggung dan antara tulang rusuk
4. Sesak Nafas

Pencegahan dari Penyakit Jantung Koroner
1. Jangan merokok.
2. Jangan minum alkohol
3. Pola makan yang benar
4. Turunkan berat badan ke normal
5. Olahraga teratur
6. Kontrol kadar kolesterol

7. Kontrol Tekanan darah

0 Response to "Penyakit Jantung Koroner"