Latest News

Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang

Apa itu Osteoporosis ?
Penyakit kerapuhan pada tulang yang ditandai dengan hilangnya kepadatan tulang sehingga tulang mudah patah serta tidak tahan dengan benturan ringan. Osteoporosis umumnya terjadi pada lansia tetapi juga bisa dialami oleh yang muda.
Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang

Klasifikasi Osteoporosis
1.      Osteoporosis Primer
Tipe 1 adalah tipe yang timbul pada wanita pascamenopause
Tipe 2 terjadi pada orang lanjut usia baik pria maupun wanita
2.      Osteoporosis Skunder
Disebabkan oleh penyakit yaitu kelainan hepar, kegagalan ginjal kronis, kurang gerak, kebiasaan minum alkohol, pemakai obat-obatan atau corticosteroid, kelebihan kafein, merokok
3.      Osteoporosis Idiopatik
Osteoporosis yang tidak diketahui penyebabnya dan ditemukan pada usia kanak-kanak (juvenil), usia remaja (adolesen), pria usia pertengahan.

Penyebab Osteoporosis
1.      Osteoporosis postmenopausal terjadi karena kekurangan estrogen (hormon utama pada wanita), yang membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang pada wanita.
2.      Osteoporosis Primer tipe 2 bisa menyerang lansia baik laki-laki maupun perempuan. Hilangnya masa tulang kortikal terjadi pada masa ini, yang di akibatkan oleh kekurangan kalsium serta ketidakseimbngan kecepatan proses pembentukan dan penghancuran tulang
3.      Osteoporosis sekunder dapat menyerang semua kelompok umur. Hal ini berkaitan dengan penyakit tertentu dan penggunaan obat-obat tertentu.
4.      Osteoporosis Idiopatik belum diketahui penyebab pastinya. Pada osteoporosis ini bisa menyerang anak-anak.
   
Gejala-Gejala Osteoporosis
Osteoporosis mempunyai sifat yang menyerang perlahan-lahan. Karenanya banyak yang tidak merasakan gejala khas sampai tiba-tiba saja bentuk tulang punggung yang bisa berubah secara perlahan-lahan atau tiba-tiba saja mereka dengan mudah mengalami patah tulang. Osteoporosis bisa menyerang semua tulang tetapi paling umumnya terjadi pada pergelangan tangan, pinggul, dan tulang belakang. Sakit pinggang merupakan gejala umum yang biasanya dirasakan oleh penderita Osteoporosis.

Faktor-Faktor Resiko Osteoporosis
1.        Rendah kalsium
2.        Mengkonsumsi tembakau
3.        Anoreksia dan bulimia
4.        Gaya hidup tidak aktif
5.        Konsumsi alkohol secara berlebihan
6.        Obat kortikosteroid dalam jangka waktu lama
7.        Penggunaan obat-obatan lain
8.        Wanita lebih umum menderita osteoporosis
9.        Orang tua juga memiliki kecenderungan osteoporosis
10.    Faktor keturunan
11.    Hormon tiroid yang berlebihan
12.    Mereka yang memiliki badan mungil
13.    Kondisi medis dan prosedur medis yang mempengaruhi kesehatan tulang

Cara Mencegah Osteoporosis

Menerapkan pola makan yang sehat dan rutin melakukan olahraga. Makanan yang baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis adalah makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium. Makanan yang mengandung kalsium seperti susu, kacang-kacangan, ikan salmon, bayam dan tahu. Untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin D bisa menkonsumsi telur, minyak ikan atau langsung menkonsumsi vitamin D.

0 Response to "Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang"